Tes Rasa Ingin Menanam Tanaman

_DSC2566

Yang suka pedas mana suaranya?

Uma yakin sekali, pasti Anda suka banget mengonsumsi cabe keriting sebagai bahan masakan inti. Benar atau betul?

Yang dimakan langsung setelah diulek? Mana komentarnya? Hehe.

Tak salah lagi, cabe keriting menjadi komoditi pangan favorit pembeli sebagai bahan penambah rasa masakan, apalagi masakan Padang ya. Cabe keriting sangat mudah ditemui di warung sayur terdekat Anda, juga di pasar. Stok melimpah cabe keriting ini membuat para penjualnya kelimpungan! Hah? Masa sih?

Jadi begini sobat Uma, cabe keriting adalah buah yang dibudidaya dengan penanganan khusus. Buah yang rasa pedasnya populer sejagat dunia ini, ternyata sangat rentan pada hama lalat buah dan kutu daun. Loh loh, terus bagaimana cara mencegahnya?

Petani cabe di Indonesia selama bertahun-tahun, bekerja sama dengan Departemen Pertanian RI. Kemudian mereka menemukan bahwa dua hama ini bisa dicegah dengan:

  • Menanam tanaman penghalang sebagai insektisida alami seperti kacang babi, jeruk purut, dan serai wangi.
  • Menyemprot pestisida dan fungisida. Sayangnya, cara ini cukup berisiko karena meninggalkan residu pada buah cabe keriting. Alhasil, upaya harus mempertimbangkan dosis wajar agar tidak meracuni konsumen.

Ih, Uma jadi takut deh menanam cabe keriting!

Eh, jangan takut! Semakin kita tahu apa penyebab suatu kejadian, maka kita nggak akan takut untuk menghadapinya. Percaya deh. Sekarang begini aja, kita coba dulu yuk cara menanam cabe keriting dengan mudah tanpa rempong.

Tes rasa ingin menanam biji cabe keriting

Sobat Uma, Uma mengerti bahwa Anda bukanlah petani yang ahli dalam tanam-menanam cabe keriting. Namun, Uma juga paham bahwa pasti ada deh keinginan untuk mencoba menanam cabe keriting di halaman rumah atau kos sendiri. Nggak percaya? Tes dulu nih.

  1. Suka ngiler ketika nemu cabe keriting segar, subur, mengkilap, lezat deh pokoknya! (Ya / Tidak).
  2. Tahu banget kalau harga cabe keriting terus melonjak naik, apalagi menjelang hari libur nasional atau bulan Ramadan. Jadi Anda ingin sekali menghemat biaya belanja sayur-mayur.(Banget / Biasa aja / Hm, nggak ngikutin banget sih / Nggak tahu / Nggak peduli).
  3. Mengidam-idamkan kebun mini di halaman rumah atau kos sendiri. Suka nggak tahan melihat foto mini garden berseliweran di Instagram atau Pinterest, dan gemas melihat tutorial cara menanam tanaman di Youtube. (No comment, setuju banget / Biasa aja deh).

Cek jawaban Anda dengan petunjuk di bawah ini:

  1. Jika lebih banyak menyetujui pernyataan di atas, maka skor Anda + 3.
  2. Jika biasa saja pada pernyataan di atas, maka skor Anda + 2.
  3. Jika tidak menyetujui pernyataan di atas, maka skor Anda + 1.

Bagaimana sobat Uma, masih mau lanjut menanam? Kalau iya, yuk simak langkah-langkah sederhana di artikel selanjutnya. Stay tuned ya sobat Uma!

Sumber:

Wikipedia: Cabai. https://id.wikipedia.org/wiki/Cabai

Infoagribisnis: Cara Menanam Cabe Keriting http://www.infoagribisnis.com/2015/09/cara-menanam-cabe-kriting/

Menanam itu menyembuhkan.
Posts created 9

5 tanggapan pada “Tes Rasa Ingin Menanam Tanaman

Yuk bagikan cerita atau komentar di sini. Komentarlah dengan santun ya!

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas