Sirih gading di kamar

Menaruh Sirih Gading di Kamar, Apa Nggak Bahaya?

Sirih gading di kamar. Foto: Instagram @kebun.rumahku
Sirih gading di kamar. (Foto: Instagram @kebun.rumahku)

Apa nggak bahaya menaruh sirih gading ke kamar? Bukannya bakal mengeluarkan karbon dioksida ya kalau malam hari? Eits, ini dia caranya supaya lebih aman.

Akhir-akhir ini sedang musim hujan. Di bulan Desember ini, udara terasa dingin dan jarang ada matahari. Sehingga, Uma pun juga jadi jarang menyiram bunga deh. Btw, ini juga berpengaruh pada keberlangsungan tanaman sirih gading yang tumbuh di pekarangan rumah Uma lho. 

Jadi gini, musim hujan kan membuat intensitas air lebih tinggi dari biasanya. Didukung dengan udara yang lembab, membuat kondisi tanah pun lebih cepat lembab pula. Paparan cahaya matahari tetap ada, tapi nggak sesering saat musim kemarau. Pada tahu kan kalau tanah lembab akan membuat akar sirih gading cepat membusuk? 

Baca juga: Cara Merawat Sirih Gading di Ruangan 

Itulah sebabnya, Uma berinisiatif untuk memindahkan sirih gading yang sebelumnya di pekarangan rumah ke kamar. Kebetulan, sirih gading ini hasil anakan yang dipupuk kompos sejak 6 bulan yang lalu. Jadi sudah bisa adaptasi lah ya. 

Oh iya, sirih gading yang sebelumnya menjadi tanaman pembersih udara pekarangan, kini jadi tanaman dalam ruangan, tepatnya di kamar. Mungkin Sobat Uma bertanya-tanya, apa nggak bahaya tuh daun-daunan begitu dimasukkan ke kamar? Bukannya bakal mengeluarkan karbon dioksida ya kalau malam hari? 

Memang betul. Eits, ada tapinya. Ini dia: 

1. Aman kalau nggak langsung berhadapan dengan hidung

Tapi, tanaman pembersih ruangan ini bisa diletakkan jauh dari tempat tidur, Sobat Uma. Jadi nggak langsung menghirup karbon dioksida hasil fotosintesis malam hari. 

Sobat Uma bisa letakkan di meja, atau bahkan pinggiran ranjang yang masih ada sisa kayunya. Hati-hati ketendang ya! Nanti malah berantakan pas bangun tidur. 

2. Aman kalau kamu letakkan dulu di luar kamar, sorenya baru deh dimasukkan

Nah, ada juga nih Sobat Uma yang begini. Jadi pas pagi sampai siang, tanaman sirih gadingnya dijemur dulu. Baru deh pas sore, diungsikan ke kamar. Sambil adaptasi dulu ceritanya. Pas malam, Sobat Uma bisa angin-anginkan dulu nih supaya adem ruangannya hehe. 

3. Aman, kalau kamu pakai pot daur ulang plastik

Uma sendiri merasa aman kok, karena kalau pakai pot keramik, malah sangsi jatuh nggak sih? Atau bahkan terasa berat aja kalau mau dipindah-pindahkan. 

Pot daur ulang plastik ini cukup mudah kok membuatnya. Sobat Uma bisa manfaatkan cup atau gelas plastik dari yang kalian biasa pakai. Misalnya gelas kopi susu, gelas Thai tea, atau gelas-gelas plastik dari minuman hits kalian. 

Setelah itu, bolongi bagian bawah gelas plastik secukupnya. Lalu, baru deh masukkan tanah kompos atau pupuk. Tancapkan anakan sirih gading yang sudah Sobat Uma gunting. Tunggulah supaya tanaman ini beradaptasi mulai 7- 21 hari. Kalau sudah, cat pot daur ulang plastiknya, keringkan beberapa hari, masukkan deh ke kamar. 

Dengan begini, Sobat Uma nggak perlu beli-beli pot lagi dan membantu mengurangi sampah plastik. Pot daur ulang plastik ini bisa dijadikan pot dalam ruangan yang eye catchy dan unik lho! 

4. Aman, kalau kamu mau repot membereskan kamar

Ya iyalah Sobat Uma, apapun alasannya, kamar Sobat Uma tetaplah harus dirapikan. Jadi ketika ada benda asing yang baru masuk, tanaman sirih gadingnya (dan Sobat Uma juga) tentu perlu beradaptasi dengan udara dan suasananya. 

Apalagi memasukkan tanaman rambat indoor seperti sirih gading. Tanaman pembersih ruangan ini lebih cepat merambat dan kalau tidak telaten, hm, malah memberi kesan berantakan. 

Jadi, ayo yuk beres-beres lagi kamarnya! Supaya apik dan stylish. Setidaknya untuk diri sendiri. 

Sekarang, Sobat Uma nggak perlu khawatir lagi memasukkan tanaman pembersih ruangan ini. Pembersih udara alami ini aman dan bisa mempercantik interior ruangan. Bahkan mengurangi sindrom sick-building. Mood Sobat Uma jadi makin membaik deh! 

Salam sapa dan ikuti terus kisah menanam itu menyembuhkan ala Kebun Rumahku di Instagram @kebun.rumahku. Follow, subscribe, komentar, dan dukung terus ya!

Menanam itu menyembuhkan.
Posts created 12

2 tanggapan pada “Menaruh Sirih Gading di Kamar, Apa Nggak Bahaya?

Yuk bagikan cerita atau komentar di sini. Komentarlah dengan santun ya!

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas