Sirih gading di kebun rumahku

4 Cara Merawat Sirih Gading di Ruangan

Sirih gading di kebun rumahku. (Foto: Instagram @kebun.rumahku).
Sirih gading di kebun rumahku. (Foto: Instagram @kebun.rumahku).

Untuk kamu yang sering beraktivitas di luar rumah dan tidak sempat menyiram bunga, inilah 4 cara merawat sirih gading di ruangan.

Awal Mula

Tanaman sirih gading menjadi tanaman favorit Uma di tahun 2018 ini. Warnanya hejo-hejo, cukup menyejukkan mata Uma yang masih sibuk kerja bareng orang hehe. Kebetulan meja kerja Uma juga butuh banget tanaman untuk pendukung sirkulasi udara. 

Sirih gading buat Uma cukup berarti. Uma yang sering beraktivitas di luar rumah dan tidak sempat menyiram bunga ini terbantu banget. Karena sirih gading ini tahan banting dengan berbagai perlakuan. 

Sirih gading ini merupakan tumbuhan menjalar yang bisa tumbuh di berbagai media tanam. Misalnya tanah gembur, kompos, batu kerikil, air, atau bahkan di tanah pekarangan rumah kamu yang tingkat kesuburannya biasa aja. Saking beragamnya, sirih gading tetap tumbuh dan menjalar. 

Hal yang Uma rasakan saat meninggalkan sirih gading 5 hari dari 7 hari ini adalah… ini tanaman bakal layu nggak ya? Apalagi ditaruh di dalam rumah. Media tanamnya tanah kompos campur sekam. Insekyur bakal jamuran begitu nggak sih? 

Iya, tentu. Uma sempat khawatir kalau terlalu lama ditaruh dalam ruangan dan jadi jamuran. Karena tingkat kelembaban tanah tinggi, sedangkan pasokan cahaya berkurang. Sehingga, daun sirih gading menguning, batangnya layu, atau bahkan parahnya mati. 

Kondisinya hampir sama jika tanaman yang jarang disiram ya. Gara-gara ini, Uma pun cari tahu gimana sih cara merawat sirih gading di ruangan. Apalagi di kamar nih untuk membuat kamar lebih adem hehe. 

Berkaca dari pengalaman trial dan error Uma, inilah cara merawat sirih gading di ruangan. Siapa tahu kamu punya cara lain, bagi-bagi ya lewat komentar di bawah ini.

1. Kunci banget ini, taruh di tempat banyak matahari!

Walaupun tahan di media tanam atau lokasi tanam apapun, tapi sirih gading tetaplah tumbuhan. Butuh fotosintesis, butuh mengeluarkan oksigen dan menyerap karbon dioksida kan? 

Nah dengan menaruh sirih gading di tempat banyak matahari, misalnya nih jendela, perabot yang kena pancaran cahaya, atau mungkin tempat yang kamu ngeh kalau di situ bakal panas, itu cukup membantu kelangsungan hidup sirih gading.

Suhu di tempat yang banyak paparan cahaya matahari secara nggak langsung membuat sirih gading tetap hangat. Mungkin Uma paham sekarang, kalau tanah yang jamuran itu karena kurang panas.

2. Siram secukupnya

Secukupnya, seperti judul lagu dari Hindia yang pernah Uma dengar. Iya, siram secukupnya yang berarti Sobat Uma bisa hemat air juga dong hehe. 

Di ruangan, sirih gading sebenarnya banyak menyerap udara. Ditambah paparan cahaya yang tidak begitu intens, jadinya kelembaban tanah makin meningkat. 

Coba deh Sobat Uma pegang sesekali tanahnya, agak basah nggak? Kalau iya, itu warning dan siramlah saat kondisi tanah agak kering. Atau sesuaikan dengan kondisi fisik sirih gading seperti mulai layu, agak menguning, dan lain-lain. 

3. Potong, potong, dan potong

Tampilan sirih gading yang suka menjalar ke bawah itu di satu sisi estetik, di satu sisi malah bikin interior ruangan bakal berantakan. Apalagi kalau tanamannya layu, batangnya menghitam, daunnya ada bercak putih, atau lainnya.

Di sinilah tugas Sobat Uma (dan Uma sendiri) untuk beberes kecil-kecilan. Potong bagian yang sekiranya Sobat Uma perlu. 

4. Ganti media tanam, ganti pot

Mungkin ini cara yang terakhir. Karena mengganti media tanam, artinya mempersiapkan media tanam baru. Misalnya Sobat Uma pakai media tanam air, sedangkan potnya gelas plastik atau pot kaca. Berarti kalau Sobat Uma ingin ganti tanah kompos dan sekam, berarti butuh persiapan juga. 

Sobat Uma juga butuh waktu luang untuk menggantinya. Manfaatkan cara terakhir ini untuk refreshing pikiran dan aktif bergerak ya. 

Itu dulu deh cerita Uma tentang cara merawat sirih gading di ruangan. Ada cara kamu untuk merawatnya? Yuk tinggalkan komentar di bawah ini ya! 

Salam sapa dan ikuti terus kisah menanam itu menyembuhkan ala Kebun Rumahku di Instagram @kebun.rumahku. Follow, subscribe, komentar, dan dukung terus ya!

Menanam itu menyembuhkan.
Posts created 12

7 tanggapan pada “4 Cara Merawat Sirih Gading di Ruangan

  1. Mau tanya, kalau sirih gading sering berada di ruangan berAC kira-kira masih bisa bertahan hidup ga ya? Pengen ngerawat tapi pengen taro di ruangan yang notabennya sering menggunakan pendingin udara.

    1. Kalo sirih gadingnya di air tapi daunnya bisa bolong kenapa yach..bgm cara mengatasinya. Terima kasih buat pencerahannya.

  2. Kak bisa ngga si kalau sirih gading medianya air pdam? sedangkan katanya lebih bagus pake air sumur yg mengandung bnyk mineralnya

Yuk bagikan cerita atau komentar di sini. Komentarlah dengan santun ya!

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas