Photo by Elina Krima from Pexels

Bergaya Hidup Minimalis dan Tips-tipsnya

Ceritaku dengan Hidup Minimalis

Photo by Elina Krima from Pexels
Halo, halo? Gaya hidup minimalis di sini? (Photo by Elina Krima from Pexels).

Bagaimana sih supaya tetap konsisten gaya hidup minimalis atau minimalism lifestyle? Nah, inilah tips hidup minimalis supaya tetap waras alias mindful. Baca selengkapnya.

Kalau mendengar kata “hidup minimalis”, hmm, sepertinya menarik! Perjumpaan Uma dengan hidup minimalis dimulai sejak 2018 lalu.

Ketika itu, Uma sedang dalam masa terapi pemulihan pasca depresi. Dan Uma bosan banget scrolling timeline di Instagram yang isinya pamer pencapaian dan kemesraan. 

Akhirnya, Uma nggak sengaja ketemu Instagram yang isinya gaya hidup minimalis seperti Zero Waste Indonesia dan Sustaination.

Bersamaan dengan itu, Uma juga membaca laporan persebaran sampah plastik di laut yang menggunung melalui langganan surel (e-mail subscription) National Geographic.

Mungkin karena masa pemulihan itu mood-nya lagi dibangun, jadi apa-apa yang dibaca terasa menjadi solusi gitu. 

Uma pun coba “telan dulu deh, siapa tau bermanfaat”. Nggak tahunya, Uma pun mencoba untuk menerapkan gaya hidup minim sampah seperti berhenti minum pakai sedotan plastik dan gelas plastik dan lebih rajin lagi membawa botol minum dari rumah. Solusi temporernya, Uma beli sedotan bambu dan gelas silikon bebas BPA. 

Konsisten nggak nih?

Bagaimana sih supaya struggle atau tetap konsisten? Nah, Uma pasang mindset ini supaya tetap waras alias mindful

  • Sadar banget kalau kita ini hidup numpang di bumi, dan sampah itu butuh waktu lama agar bisa terdaur ulang. 
  • Telah nampak kerusakan di muka bumi. Seingat Uma, ada salah satu kutipan ayat kitab suci Al-Qur’an yang membahas soal ini. Dan laporan-laporan yang Uma baca, memang sudah parah banget. 
  • Sebenarnya gaya hidup instan tanpa berpikir ulang itu sudah biasa banget di masyarakat kita, termasuk Uma ya. Tapi, kok, rasanya ada yang hilang? Anjuran jangan buang sampah sembarangan saja nggak cukup. Seperti ada gap gitu lho. Apa ya kira-kira? 
  • Bukan mau idealis, namun dengan memakai barang yang ada di rumah, atau mungkin pakai barang yang bisa berkali-kali pakai seperti sedotan bambu, gelas silikon bebas BPA, tas totebag kanvas atau anyaman buat belanja, botol minum yang ada di rumah — itu semua bisa membuat kita pelan-pelan mengurangi barang yang nggak perlu dan bikin boros. Kebayang dong kan kalau beli air mineral 5x dalam sehari menguras dompet kayak apa? 
  • Terakhir, banyak yang masih denial karena penerapan gaya hidup minimalis ini. Nanti dikira SJW (social justice warrior), padahal mah kerusakan sudah terlihat jelas. Sampai kapan mau jujur? Sebenarnya, jujur juga sangat diperlukan saat menjalani terapi pemulihan trauma hehe. 

Dan masih banyak yang Uma pegang sampai saat ini, walaupun masih meleset seperti terlanjur beli gorengan pakai kertas dan dibungkus plastik. Atau kepepet beli air mineral botol plastik karena nggak ada tempat isi ulang air (padahal Uma bawa botol minum 550 ml, dan itu kurang sekali). 

Tips hidup minimalis ala Kebun Rumahku

Sobat Uma, sebenarnya tips hidup minimalis itu ada di sekitar kita kok, bahkan ditanamkan sejak dari lingkungan keluarga.

Misalnya nih, ibu atau ayah membiasakan kita membawa botol minum sendiri sejak TK dan SD. Tujuannya macam-macam, seperti: 

  • Supaya nggak mudah kehausan,
  • Supaya bisa hemat dari beli minuman manis-manis dan berwarna,
  • Supaya nggak keracunan atau diracuni, ada saja kan ya hehehe,
  • Supaya bisa saling pamer botol minum paling keren desainnya. Ups, ini sih alasan kita-kita waktu kecil dulu ya Sobat Uma hehe. 
  • Dan masih banyak lagi. 

Kebiasaan baik ini rupanya nggak sengaja ditinggal. Mungkin supaya terlihat keren.

Padahal, ternyata manfaatnya lebih besar kalau dilanjutkan. Misalnya lebih hemat, biar tambah aware dan fokus, atau bahkan menghilangkan rasa lapar saja. 

Lebih detailnya, ini dia tips hidup minimalis yang bisa dicoba: 

  • Beli barang sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Kalau pengin banget-banget, coba diamkan 3-7 hari. “Beneran beli nggak nih?”. 
  • Maksimalkan barang yang sudah dibeli, kalau rusak baru beli baru. Atau kalau memungkinkan, ya diperbaiki atau dijahit. 
  • Beli makanan karena untuk mengurangi rasa lapar. Jadi makan sebelum lapar banget untuk menghindari lapar mata. Untuk Sobat Uma yang menderita maag, disarankan banget rajin ngemil buah seperti pisang atau roti-rotian. 
  • Jangan minum yang manis-manis, ini pernah dipesankan ibu kita bukan, Sobat Uma? 
  • Jangan sering minum dari gelas plastik, nggak baik buat kesehatan.
  • Tetap sadar, waras, ngerti sama apa-apa yang mau dibeli. Itulah kenapa ibu Uma dan Sobat Uma suka membawa catatan atau notes kecil saat belanja. 
  • KOMUNIKASI! Nah ini poin penting banget, agar tujuan kita yang ingin mengurangi kantung plastik, botol plastik, sedotan, atau gelas plastik itu bisa dipahami sama penjual.

Katakan dengan tegas seperti ini: 

  1. “Nggak usah pakai plastik ya”
  2. “Pakai botol atau gelas saya bisa nggak?” 
  3. “Nggak usah pakai sedotan, mbak/mas”
  4. “Permisi ibu/bapak/mas/mbak, boleh isi ulang botol minum nggak?” 
  5. “Pak/ibu, taruh di tempat bekal saya aja ya hehe”
  6. Dan lain-lain. 

Kalau ditanya “Kenapa?”, mungkin jelaskan aja “Nggak apa-apa, biar nggak banyak plastik di rumah.” Atau alasan-alasan yang sekiranya logis saat kondisi itu. Katakan dengan santun dan tolak dengan tegas. 

Wah ternyata gaya hidup minimalis sudah diterapkan sejak dulu ya. Kalau Sobat Uma, bagaimana perjalanan menerapkan gaya hidup minimalis ini?

Yuk ceritakan di kolom komentar ya! Supaya kita bisa saling berbagi tips hidup minimalis dan tetap konsisten 🙂 

Salam sapa dan ikuti terus kisah menanam itu menyembuhkan ala Kebun Rumahku di Instagram @kebun.rumahkuFollow, subscribe, komentar, dan dukung terus ya!

Keterangan foto:
Photo by Elina Krima from Pexels, ikuti Instagram-nya di @elinakrima

Menanam itu menyembuhkan.
Posts created 9

Yuk bagikan cerita atau komentar di sini. Komentarlah dengan santun ya!

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas