Gambar daun kale keriting. Resep atau sejuk ya di mata? Foto: kebunrumahku.com

Jus Kale Keriting Homemade, Kamu Juga Bisa Bikin!

Kale keriting sering sekali diolah menjadi jus atau smoothies. Bentuk daunnya yang keriting ini, bisa kamu dapatkan di toko terdekat. Gimana ya cara mengolahnya?

Sebelum bahas tentang cara membuat jus kale keriting, Sobat Uma kenalan dulu yuk sama sayuran ini!

A. Kale keriting itu apa sih?

Kale keriting termasuk sayuran hijau yang kaya vitamin dan antioksidan, Sobat Uma. Oh iya, kale keriting juga punya nama lain, yakni sayur kale curly. Bentuk daunnya keriting, terutama di sisi tepi daunnya.

Sayuran ini merupakan salah satu jenis tanaman kale. Jadi, ada jenis lainnya, seperti kale nero, kale siberian dwarf, kale redbor, kale starbor, kailan, dan kale red russian. Biar nggak penasaran, ini gambar daun kale keriting.

Gambar daun kale keriting. Resep atau sejuk ya di mata? Foto: kebunrumahku.com
Gambar daun kale keriting. Resep atau sejuk ya di mata? Foto: kebunrumahku.com

B. Kandungan

Ibu Uma juga baru pertama kali tanam kale keriting kok. Waktu itu, beliau lagi coba-coba tanam sayuran unik.

Sebelum bertanam, ibu Uma cari tahu terlebih dahulu manfaat dan kegunaan kale curly. Dari segi kandungannya, kale keriting memiliki:

  • Zat antioksidan, berupa beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Zat-zat ini mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dan mencegah penyakit kanker.
  • Vitamin C, yang juga termasuk antioksidan. Kandungan vitamin C di kale keriting lebih tinggi daripada jeruk.
  • Vitamin A, D, E, B6, tiamin, riboflavin, niasin, asam folat, dan kolin, zat ini yang dapat menjaga kesehatan mata, tulang, rambut, serta melindungi tubuh dari radikal bebas.
  • Kalori yang rendah, meski termasuk sayuran, kale keriting juga punya kalori rendah dan bisa mengenyangkan.
  • Omega-3, zat ini dapat meningkatkan kandungan nutrisi total untuk tubuh kamu.
  • Dan masih banyak zat lainnya, seperti magnesium, mangan, sodium, potasium, fosfor, dan lain-lain.

C. Baru pertama coba kale keriting, rasanya gimana ya?

Kalo Uma kasih testimoni, rasanya agak langu. Hm, langu itu gimana ya, kayak ada aroma unik yang kesannya mentah dari daun ketika diolah menjadi jus atau sayur tumis. Aroma ini bisa bikin Sobat Uma ingat terus sama kale keriting.

Sementara dari segi rasa, sebenarnya agak pahit kalau dimasak. Namun pahitnya dalam taraf wajar ya, seperti pahitnya sawi hijau di mangkok mi ayam. Beda ceritanya kalau dijus, rasa pahit kale akan hilang karena dicampur perasan lemon, jeruk, atau nanas.

Lemon, jeruk, atau nanas ini bisa menyeimbangkan rasa kale yang dibuat jus atau smoothies. Jadi lebih segar dan nggak begitu langu sih sepengalaman Uma.

D. Cara membuat jus kale keriting homemade

Nah, sekarang Uma bikin dulu tutorial membuat jus kale curly sendiri di rumah. Mumpung Sobat Uma di rumah nih. Penyajian untuk 600 ml atau setara 1 botol sedang ya.

Bahan-bahan:

  • 3-4 helai daun kale curly
  • 2 buah lemon, nanas, atau jeruk Brastagi. Oh iya, pilih salah satu saja ya. Katakanlah jeruk Brastagi, karena Uma pakai ini
  • 1 buah apel yang dikupas kecil-kecil
  • 1 sdt madu
  • 600 ml air putih

Cara pengolahan:

  • Cuci daun kalenya hingga bersih, lalu iris kecil-kecil supaya mudah hancur saat diblender
  • Peras jeruknya, lalu masukkan ke blender
  • Masukkan apel yang sudah dipotong-potong
  • Terakhir, masukkan air putihnya ya
  • Blender hingga benar-benar hancur dan lumat
  • Saring semua, kalau bisa sih taruh di gelas atau wadah khusus penyaringan. Jadi pas menyaring, nggak tumpah-tumpah
  • Campurkan madu. Kalau kurang manis, boleh tambah setengah sendok
  • Siap dihidangkan! Tahan 2-3 hari, sajikan di gelas supaya orang rumah kebagian ya hehe

Nah soal pemanis jusnya, Uma menggunakan madu untuk mengurangi konsumsi gula pasir. Manisnya madu juga nggak kalah kok dengan gula pasir. Coba deh Sobat Uma, kamu nanti bakal ketagihan.

@kebunrumahku

Nyobain jus kale curly (keriting) check! Bikin sendiri, ternyata rasanya.. Kale dari kebun sendiri #curlykale #kalesmoothies #juskale #kalejuice #fyp

♬ CLOSE MY EYES – Ki

Itu dia cara Uma memanfaatkan sayur kale curly menjadi jus atau smoothies. Oh iya, bisa untuk energi booster saat kamu diet dan pasca olahraga loh. Kalau Uma sih minum pas beberapa jam sebelum makan, biar menunda lapar ceritanya hehe.

Untuk kamu yang punya riwayat maag atau GERD, bisa kok minum kale smoothies juga. Sebelum konsumsi, barengi juga ya dengan konsultasi ke dokter kamu. Supaya pencernaan kamu tetap aman.

Selamat mencoba!

Salam sapa dan ikuti terus kisah menanam itu menyembuhkan ala Kebun Rumahku di Instagram @kebun.rumahku dan Tiktok @kebunrumahku. Follow, subscribe, komentar dan dukung terus ya!

Menanam itu menyembuhkan.
Posts created 18

Yuk bagikan cerita atau komentar di sini. Komentarlah dengan santun ya!

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: