Gambar tanaman pacar air. Processed with VSCO with kc25 preset (kebunrumahku.com)

Bunga Balsam, Si Pacar Air Rajin Berbunga

Bunga Impatiens balsamina atau biasa disebut bunga balsam dan pacar air ini punya warna cerah. Gampang dirawat, yuk kenalan sama tanaman pacar air ini!

1. Bunga balsam khas Asia

Bunga balsam pada dasarnya adalah tanaman khas asli Asia. Tepatnya di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Tanaman pacar air ini diperkenalkan di Amerika Serikat pada abad ke-19.

2. Punya banyak warna

Gambar tanaman pacar air. Processed with VSCO with kc25 preset (kebunrumahku.com)
Gambar tanaman pacar air. Processed with VSCO with kc25 preset (kebunrumahku.com)

Bunga balsam juga terkenal sebagai tanaman yang punya banyak warna dan sering berbunga. Misalnya merah, putih, oranye, salem, merah muda, dan lainnya. Makanya, kalau bunga pacar air atau bunga Impatiens ini disebut Buzzy Lizzie (Lizzie yang sibuk).

Karena warnanya menarik, cerah, dan rutin berbunga, nggak heran kalau bunga ini sering mengundang lebah atau kupu-kupu datang mampir. Serangga-serangga ini juga bantu penyerbukan loh. Pantesan rumah Uma kok jadi banyak lebah sama kupu-kupu ya? Hmm terjawab udah!

3. Punya kuncup yang otomatis keluar biji

Meski sering berbunga dengan warna kelopak yang cerah, ternyata tanaman ini udah jaga-jaga gais! Pertama kali Uma tanam bunga pacar air, di bawah atau atas kelopaknya itu ada kuncup yang kalau ditekan bakal keluar biji-bijinya.

Biji bunga pacar air ini yang bakal jadi benih yang bisa Soba Uma tanam. Bijinya warna hitam, ukurannya ada yang besar dan kecil. Kalau kecil, kayaknya masih belum matang untuk berkecambah ya.

Unik kan bunga balsam ini?

4. Gampang tanamnya

Kalau kena angin, kuncup yang udah kuning banget bakal terbuka. Lalu biji-bijinya jatuh ke tanah. Beberapa minggu kemudian, langsung tumbuh tunas deh! Ini yang terjadi sama bunga balsam Uma di halaman rumah.

Beda kalau Uma petik kuncupnya. Mesti ditekan dulu baru keluar. Kadang, Uma buru-buru juga ambil kuncup yang masih nanggung kuningnya hehe.

Cara tanamnya:

  • Petik kuncup yang udah kuning untuk diambil bijinya.
  • Tekan biji ke tanah, agak dalam ya supaya akarnya kuat dan tunasnya kokoh.
  • Untuk tanah, sebaiknya jangan terlalu lembap biar nggak busuk. Bisa campuran tanah, kompos, sekam (sedikit aja), dan sabut kelapa (cocopeat, sedikit aja).
  • Siram dua kali sehari pada pagi dan sore. Kalau tanahnya lembap kena hujan, bisa lanjut besok kok.

5. Sering dikira semak-semak

Awal mula kenalan sama bunga ini tuh pas Uma lagi pulang kampung ke Sumatera Barat. Jadi, di sekitar halaman rumah nenek ada bunga balsam yang berserakan gitu deh. Kayak semak-semak sih, tapi cantik! Mungkin karena bunganya bertumpuk dan kelihatan kompak kali ya?

Namun pas Uma kenal sama toko daring di marketplace, ternyata biji bunga pacar air atau bunga balsam ini dijual resmi dari supplier benih. Wow! Berarti bukan sembarang tanaman ya Sobat Uma!

6. Ternyata bisa untuk obat

Uma udah lama banget kenal bunga balsam. Awal-awal sih kenal kalau bunga ini cocok sebagai tanaman hias aja. Rupanya, bunga balsam bisa untuk obat. Untuk bagian tertentu aja loh Sobat Uma.

Dirangkum dari situs Greeners.co, inilah manfaat bunga balsam. Misalnya:

  • Bunga, untuk obati bisul, rematik, dan radang kulit (dermatitis), dan radang kuku.
  • Daun, untuk meredakan bengkak (anti-inflamasi), mencuci luka, keputihan, nyeri haid, radang usus buntu kronis, patah tulang atau retak, dan analgesik.
  • Obat encok, luka memar, dan beri-beri.
  • Akar, untuk obat peluruh haid (emenagog), kaku leher, anti-inflamasi, dan sakit pinggang

7. Mau tanam? Kebun Rumahku sedia bijinya

Tanaman pacar air kayaknya sering Sobat Uma lihat ya? Namun, nggak semua tempat bisa Sobat Uma temui. Kadang-kadang, aja ada orang yang mau tanam biji bunga pacar air atau bunga balsam ini.

Kebetulan nih, Uma punya bijinya. Sobat Uma bisa ceki-ceki benihnya di Bukalapak Kebun Rumahku. Satu paket isinya 30-40 biji. Bisa antar via Go-Send dan Grab Send biar cepat sampai rumah Sobat Uma.

BELI SEKARANG YUKS!

Salam sapa dan ikuti terus kisah menanam itu menyembuhkan ala Kebun Rumahku di Instagram @kebun.rumahku. Follow, subscribe, komentar dan dukung terus ya!

Bacaan lebih lanjut:

Menanam itu menyembuhkan.
Posts created 17

Yuk bagikan cerita atau komentar di sini. Komentarlah dengan santun ya!

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: