Biji basil spicy globe (kiri bawah) yang habis dipanen dari bunga keringnya (kanan bawah). Foto: kebunrumahku.com.

Biji Basil Kemasan Ukuran Kecil? Cek Basil Spicy

Reading Time: 3 minutes

Biji basil kemasan seperti basil spicy bisa Sobat Uma tanam. Bentuknya memang kecil, tapi tahan banting dan tumbuh. Yuk baca selengkapnya!

Awalnya, pilih jenis tanaman basil dulu

Jadi ceritanya, tanaman basil Uma sudah ditanam sejak 2 tahun lalu. Berarti, sekitaran tahun 2018. Awalnya Uma beli biji pada salah satu toko online di Tokopedia. Kebetulan Uma ingin coba-coba tanam basil, seperti apa sih bentuk tanamannya.

Tapi sebelum Uma menentukan pilihan ke varian spicy globe, Uma sempat lihat ada beberapa jenis lain seperti cinnamon basil, basil Thai, basil Italian, basil merah Rubin (red rubin basil), basil opal (daunnya warna ungu kegelapan), dan basil lemon. Uma pikir dengan banyaknya jenis basil ini, malah Uma makin bingung mau pilih yang mana hehe.

Akhirnya, Uma pilih yang spicy globe, karena kalau dilihat dari bungkus benihnya, tanaman basil ini akan tumbuh membentuk “bola dunia”. Jadi kelihatan lebih rimbun begitu deh.

Kaget, ukuran biji basil kemasan kok kecil….

Biji basil spicy globe (kiri bawah) yang habis dipanen dari bunga keringnya (kanan bawah). Foto: kebunrumahku.com.
Biji basil spicy globe (kiri bawah) yang habis dipanen dari bunga keringnya (kanan bawah). Foto: kebunrumahku.com.

Iya, awalnya kaget. Memang di gambar yang ada di kemasannya, daunnya rimbun dan gede begitulah. Tapi, pas buka kemasannya, bijinya halus dan kecil banget! Ada sekitar 100 butir dan bentuknya kecil-kecil berwarna hitam.

Sejak saat itu, Uma baru sadar kalau ada beberapa tanaman yang punya ukuran biji kecil dan halus seperti biji basil spicy. Bakal tumbuh nggak ya?

Cara tanamnya gimana?

Karena Uma waktu itu masih kagok-kagok tanam biji basil spicy, akhirnya Uma googling bagaimana caranya. Seenggaknya, bijinya tuh tumbuh deh tunasnya. Perkara tambah tinggi atau nggaknya, itu urusan belakangan.

Ini empat cara menanam biji basil kemasan yang pernah Uma lakukan.

  1. Siapkan pot dengan diameter 20 cm.
  2. Taburkan biji basil kemasan secara merata. Usahakan nggak menumpuk agar saat biji berkecambah, tidak saling rebutan akarnya.
  3. Taruh pot di area teduh.
  4. Siram secukupnya 2x sehari. Jangan sampai terlalu lembap ya Sobat Uma, karena nanti biji malah membusuk di akar. Sobat Uma bisa pakai spray agar media tanam tetap terjaga.
  5. Sekitar 5-11 hari setelah tanam, bijinya akan berkecambah.
  6. Tunggu sampai 7 hari berikutnya, Sobat Uma sudah bisa taruh pot di tempat paparan sinar matahari penuh (full sun).

Sepengalaman Uma, 6 cara di atas masih bekerja dengan baik. Bahkan sekarang, tanaman basil spicy-nya sudah berkali-kali berbunga. Nah ketika sudah habis masa mekar, bunganya akan mengering dan jatuh ke tanah di pot itu. Artinya, Uma nggak perlu tanam manual lagi.

Ketika sudah besar, daun basilnya bakal rimbun

Iyap, itu yang Uma alami ketika tanaman basil ini tumbuh dengan optimal. Daun basilnya rimbun seperti di Tiktok Uma ini

Sobat Uma juga bisa kok mulai tanam basil spicy globe seperti video di atas. Caranya gampang. Sobat Uma mampir ke Shopee atau Tokopedia Kebun Rumahku untuk mendapatkan biji yang dipanen langsung dari indukan di kebun Uma. Klik di sini ya:

Shopee @kebunrumahkuu

Tokopedia Kebun Rumahkuu

Oh iya, tanaman basil spicy ini dirawat dengan bebas pupuk kimia. Sementara untuk daunnya, sempat kena hama tapi hanya sebentar sih. Uma nggak pakai pestisida untuk usir hamanya, melainkan dengan air rendaman dari bawang merah dan putih kupas. Baunya cukup menyengat sih. Dan Uma semprotkan ke daunnya hanya satu kali seminggu.

Soal perawatan, balik lagi dari treatment Sobat Uma

Dari biji basil kemasan seperti basil spicy globe, Uma belajar kalau Uma tuh harus bertanggung jawab untuk mengurus tanaman ini. Puasnya sih pas daunnya sudah rimbun ya, tapi kalau layu, bakal panik.

Bisa dibilang, biji yang Uma beli dari produsen berkualitas. Namun jika perlakuan atau treatment-nya kurang baik, tanamannya bakal, apa ya, kayak hidup segan mati tak mau begitu sih.

Jadi, Sobat Uma mau tanam juga nggak? Yuk coba sekali!

Salam sapa dan ikuti terus kisah menanam itu menyembuhkan ala Kebun Rumahku di Instagram @kebun.rumahku dan Tiktok @kebunrumahku. Follow, subscribe, komentar dan dukung terus ya!

Menanam itu menyembuhkan.
Posts created 19

Yuk bagikan cerita atau komentar di sini. Komentarlah dengan santun ya!

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: