Manfaat air rebusan sirih hijau. Foto: kebunrumahku.com

5 Manfaat Rebusan Sirih Hijau versi Kebun Rumahku

Reading Time: 3 minutes

Rebusan sirih hijau sangat bermanfaat untuk tubuh. Cara pengolahan daun sirih pun juga mudah. Buat Uma, ini dia 5 manfaat rebusan sirih hijau versi Kebun Rumahku. Check it out!

1. Sebagai air kumur gigi dan mulut

Rebusan sirih hijau dapat digunakan sebagai air kumur untuk gigi dan mulut. Makanya, nggak heran kalau air sirih sering dipakai untuk hal ini. 

Setelah Uma cari tau lewat situs Hello Sehat, ternyata air rebusan sirih hijau mampu menghambat pertumbuhan bakteri di mulut. Selain itu, juga bisa cegah gigi berlubang loh. 

Gimana sih cara pengolahan daun sirih untuk air kumur? Caranya: 

  • Petik 3-4 lembar daun sirih. Cuci dulu ya!
  • Siapkan panci kecil dan air matang
  • Rebus daun sirih hingga matang
  • Diamkan sebentar
  • Masukkan ke wadah, misalnya botol minum.
  • Langsung pakai deh sebagai air kumur!

2. Membersihkan organ intim

Baik pria atau perempuan, menjaga organ intim itu perlu dilakukan. Namanya juga bagian dari menyayangi diri sendiri (self-love) kan? 

Termasuk juga dengan rajin-rajin membersihkan dan merawat organ intim. Air rebusan sirih hijau pernah Uma pakai untuk mengurangi keputihan. Waktu remaja, ibu Uma sering merebus sirih hijau untuk pembersih organ intim dan minum langsung. 

Mungkin karena baunya agak gimanaaa gitu. Jadi, Uma pakai aja deh untuk bersihkan organ intim hehe. Seenggaknya, Uma pakai rebusan sirih hijau satu kali sehari usai buang air kecil. 

Ilustrasi daun sirih hijau. Foto: kebunrumahku.com
Ilustrasi daun sirih hijau. Foto: kebunrumahku.com.

3. Alternatif pembilas wajah

Uma juga baru tau kalau rebusan sirih hijau bisa digunakan sebagai pembilas wajah. Masih dari Hello Sehat, rebusan sirih hijau mengandung antioksidan chavicol, zat anti radang, dan antibakteri. Ketiga zat ini bisa ngurangin jerawat yang lagi merah-merahnya dan gatal-gatal di wajah. 

Hmm, sepertinya Uma mau coba nih, menarik! 

4. Membuang racun di tubuh

Uma sempat singgung kalo ibu Uma sering rebus daun sirih hijau untuk diminum. Nah, waktu itu Uma lihat, “rajin banget ya ibu minum air sirih”. Walaupun dalam hati kayak… ew, baunya itu loh hihi!

Namun setelah beberapa tahun, Uma baru sadar, air rebusan sirih hijau yang baunya nggak gitu enak ternyata bisa untuk detoks tubuh. Jadi, ampuh untuk buang racun-racun dalam tubuh.

Detoksnya bisa macam-macam manfaat:

  • Untuk menjaga saluran pencernaan, tepatnya kalo Sobat Uma yang langganan maag atau kebetulan perutnya kembung. 
  • Mengurangi rasa sembelit dan diare
  • Entah kenapa bikin badan terasa ringan, itu yang pernah Uma rasakan

Gimana biar nggak terasa pahit? Uma bahas di pos berikutnya ya! Lanjut. 

5. Mengurangi stres atau depresi

Jujur, ini bagian yang Uma baru tau, yakni khasiat daun sirih untuk kesehatan mental. 

Uma nemu di situs Tirto.id, mengunyah daun sirih hijau bisa redakan stres atau depresi. Soalnya, ada zat-zat tertentu yang langsung merangsang pusat saraf. Makanya, bikin suasana hati jadi lebih baik. 

Kayaknya Uma pernah minum deh sekali. Rasanya emang agak legaan gitu sih. Mungkin karena belum biasa, jadi masih belum terasa efeknya. Sobat Uma udah coba belum? 

Dari 5 manfaat air sirih hijau yang kita bahas, mana aja nih yang ngefek khasiatnya di Sobat Uma? Share yaa pengalaman Sobat Uma di komentar! 

Dapatkan juga daun sirih hijau segar yang ditanam langsung dari kebun rumah Uma di Shopee @kebunrumahkuu.

BELI SEKARANG

Salam sapa dan ikuti terus kisah menanam itu menyembuhkan ala Kebun Rumahku di Instagram @kebun.rumahku. Follow, subscribe, komentar dan dukung terus ya!

Referensi:

  • Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Mulut Hingga Anti-Kanker. Tirto.id (2019).
  • Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah yang Sayang Dilewatkan. Hello Sehat (2021)
Menanam itu menyembuhkan.
Posts created 19

Yuk bagikan cerita atau komentar di sini. Komentarlah dengan santun ya!

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: